Fakta : Kutu Rambut

 -Beberapa orang berpendapat bahwa kutu pada kepala atau kutu rambut merupakan gangguan yang hanya menyusahkan masyarakat kelas bawah atau orang yang higiene perorangannya buruk. Kutu pengisap darah (Ordo Anoplura) lebih menyukai pejamu mamalia dan jarang yang menyerang spesies lain bahkan yang terdekat sekali pun seperti hewan peliharaan. Kutu kepala hidup pada rambut kepala dekat tengkuk dan telinga. Siklus hidup kutu kepala dihabiskan pada pejamu, biasanya pada orang yang sama. Ketiga tahapan kehidupan kutu kepala (telur, nimfe dan dewasa) berlangsung sekitar 3 minggu. Jika kutu kepala keluar atau tidak menetap lagi pada pejamu, mereka akan mati dalam sehari atau 2 hari.

siklus kembang biak pada kutu rambut
- Kutu bentuknya sangat kecil, merupakan serangga berwarna coklet terang. Hidupnya di kepala manusia. Kutu-kutu tersebut akan bertelur berwarna abu-abu, selanjutnya kutu tersebut membuat terowongan/lubang di kulit kepala. Telur-telur tersebut dapat menetas setelah 1 minggu. Kutu mulai meletakkan telur-telurnya setelah mereka berusia 2 minggu. Sehingga dalam waktu yang singkat saja seseorang telah memiliki ratusan kutu di kepalanya.

-Kutu rambut tesebut tidak suka terbang dan tidak dapat melompat. Mereka pindah dari kepala satu ke kepala yang lain saat dua kepala tersebut berdekatan, misalnya saat berjalan bersama-sama dengan pembawa kutu rambut. Kutu rambut tersebut membutuhkan kondisi yang hangat untuk bertahan hidup. Sehingga tidak heran negara tropis menjadi surga para kutu!

- Rasa gatal yang luar biasa di kulit kepala disebabkan oleh muntahan air liur kutu yang membasahi kepala dan kutu yang menggigit dan mengisap darah di kulit kepala menimbulkan kuman dan menyebabkan rasa gatal dan ingin menggaruk lebih keras hingga meninggalkan bekas luka di kulit kepala. Kutu dapat berkembang biak dengan sangat cepat sekali.

-1 ekor kutu dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan telur yang kemudian siap berkembang lagi dan beranak lagi seterusnya. Oleh karenanya kutu yang hidup di kepala harus segera diatasi dan dibasmi dengan menggunakan obat penghilang kutu atau berkeramas dan menyisir rambut sesering mungkin.

Post a Comment

0 Comments