Bikin RSS Feed untuk Video YouTube

Hmmm, Rich Site Summary atau Really Simple Syndication atau kalau di singkat RSS. Merupakan cara sebuah situs web untuk menyebarkan kontennya dengan potongan-potongan ringkasan kepada pembacanya, atau biasa di sebut pelanggan istilah "bulenya" subscribers, RSS reader atau aggregator.

Ternyata nggak cuma blog atau website portal berita yang bisa di sebar kontennya melalui rssfeed ini, namun konten video Anda juga bisa di sebarluaskan lagi dengan mudah, tentu saja dengan bantuan rss feed ini.

Fungsi mem "burner" rss feed video

Tapi tunggu, sebentar ada yang ganjel nih??? begini bukannya konten video di youtube sudah memiliki semacam tombol atau cara untuk orang-orang yang melihat video dapat berlangganan melalui channel YouTube nya bukan?? 

Tepat!! terus apa gunanya buat rss feed untuk video youtube ini??

hmmm lagi,.. gunanya adalah tidak semua orang memiliki akun youtube, nah berlangganan video youtube sebelumnya pengguna harus di wajibkan untuk mendaftar dalam youtube terlebih dahulu.

Yang lebih serunya, terkadang ada orang yang sukanya hanya suka menonton video, nah bisanya mereka jarang membuat akun YouTube.


Sebagai usaha tambahan, menambah view video

Nah untuk mengakali agar mereka tidak pergi kemana-mana, ada bisa menyarankan untuk berlanganan melaui email dengan RSS Feed, jadi setiap kali Anda meng-upload video baru maka mereka akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.

Jadi Anda tidak akan pernah kehilangan penonton setia video YouTube Anda. Namun tidak hanya email mereka juga bisa belangganan melaui layanan feed Podcast favorit mereka.

Cara membuatnya

Cara membuat rss feed untuk video, sama caranya dengan menggunakan rss feed untuk weblog. Salah satunya yaitu dengan menggunakan layanan google feed burner.

sebelumnya saya telah membuat tutorial soal cara bikin rss feed, silahkan baca di Tutorial ~ Tutorial Blog Blogger pada sub judul cara, membuat RSS feed.

Nah URL Default untuk video youTube adalah :

www.youtube.com/rss/user/depalpiss7/videos.rss

Nggak enak yah ngelihatnya, kode XML acak-acakan, biar rapi sebaiknya "dibakar" dulu feednya.

Ganti url yang saya bold merah dengan url saluran milik Anda. kemudian "bakar" feed tersebut dengan Google Feed burner.

Nah, contoh feed yang sudah jadi silahkan lihat di : feeds.feedburner.com/depalpissVideo

Gimana mau mencobanya, seru khan,... tips dan trik ini cocok banget buat pengelola VBlog melalui personal blognya atau lewat sosial media, Anda bisa mempromosikan saluran YoTube Anda untuk para pengguna akun YouTube yang tidak punya akun youtube tuk menawarkan berlangganan lewat email dengan feed burner video YouTube Anda itu,...

Seep, dech... enjoy... salam ...

Post a Comment

0 Comments