Membuat Foto Hitam Putih, Sepia Artistik Photoshop

Kalau ngomongin soal foto hitam putih sepia, inget zaman dulu sekitar tahun 1999-2001an. Waktu itu saya ikutan klub fotografi, tahun itu kamera digital belum terlalu populer, jika pun ada harganya masih telalu tinggi dan resolusinya pun masih rendah.

Jadi kita masih memanfaatkan kamera SLR dengan penyimpanan berupa negatif film, yang masih berupa rol (ha ha ha jadul banget yah!).

Waktu itu kita sedang hunting foto hitam putih, tapi tahau kah Anda ongkos cetak untuk khusus untuk foto hitam putih masih sangat mahal, satu lembar cetakan foto hitam putih 3R saja mamakan biaya sekitar empat ribuan, aduh maklum anak kuliahan, cekak kantong bos. Sedangkan untuk cetak foto warna jauh lebih murah hanya sekitar 600 perak saja

Untuk mencetak foto sendiri-pun masih terbilang sangat mahal, karena tehnik foto digital belum terlalu mumpuni saat itu. Masih mengandalkan cetak foto di ruang gelap.

Namun untuk mengakalinya kami mencetak foto hitam putih tersebut di tukang foto dengan hasil cetak berwarna. Jadi foto hitam putih tersebut di cetak dengan cetakan foto berwarna.

Maka hasil foto jadi agak kemerah-merahan, dan tidak "pure" hitam putih. Nah dari situ saya mengenal istilah sepia, yang merupakan tehnik akal-akal foto hitam putih yang di cetak dengan proses berwarna.

Walaupun cerita saya di atas bukan merupakan pengertian tentang foto sepia, hanya pengenalan saya terhadap kata "sepia" itu sendiri, untuk lebih lengkapnya tentang foto sepia silahkan lihat di : http://en.wikipedia.org/wiki/Photographic_print_toning


Yo, wiss, video tutorial berikut ini, merupakan cara membuat foto berwarna menjadi foto hitam putih dengan sedikit efek sepia (yang tidak telalu merah) dan masih menonjolkan tentu saja warna "pure" hitam putihnya, sehingga efek artistik nya tetap terjaga.

Ada yang menarik di pengaturan Image --- Abjustments --- Black And white, di tool ini kita di berikan hasil pengeditan gambar pada RBG (red, blue and green) dan CMYK (cyans, magentas, yellows, dan key[hitam]).

Sehingga efek warna hitam putih foto jadi bisa lebih artistik dengan menekankan wanra apa yang ingin di kurang wan warna apa yang hendak di tambahkan, walaupun eksekusinya tetap pada warna hitam putih, sehingga photo hitam putih ada jadi bisa lebih seimbang.

Dengan menggunakan Photoshop CS3 Anda bisa mudah sekali membuat foto sejenis ini. silahkan langsung di play saja video di atas bro and sis.


Well, enjoy video tutorial-nya,... salam bro and sis ...

Post a Comment

0 Comments